Home / Berita Umum / TNI AL Dumai Gagalkan Penyelundupan 40 Ekor Satwa Langka, 5 Orang Diamankan

TNI AL Dumai Gagalkan Penyelundupan 40 Ekor Satwa Langka, 5 Orang Diamankan

TNI AL Dumai Gagalkan Penyelundupan 40 Ekor Satwa Langka, 5 Orang Diamankan – Sekitar 40 ekor satwa langka yg akan diselundupkan ke Malaysia sukses dihentikan Bea serta Cukai serta TNI AL di Dumai. Sekarang tanda untuk bukti serta 5 orang yg bertindak membawa satwa itu diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau buat diolah seterusnya.

” Tanda untuk bukti 40 ekor satwa langka itu idenya akan diselundupkan ke Malaysia. Sekarang tanda untuk bukti serta 5 pelakunya diserahkan ke kita buat diolah seterusnya, ” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSD) Riau, Suharyono, Minggu (24/3/2019) .

Haryono memaparkan, mengenai tipe satwa yg dilindungi itu salah satunya 12 ekor burung kakak tua raja, 7 cenderawasih tipe minor, 2 cenderawasih mati kawat, 2 cenderawasih raja, 2 cenderawasih botak. Setelah itu ada dua tipe primata 2 owa ungko, 3 julang Sulawesi.

Sesudah terima tanda untuk bukti itu, lanjut Haryono, team pakar terbagi dalam dokter hewan, petinggi fungsional kerjakan identifikasi.

” Semua satwa sitaan ini dipindahkan ke kandang transit satwa di BBKSDA Riau di Pekanbaru buat dikerjakan pemulihan trauma, diobati, diobservasi sebelum kedepannya akan diambil perbuatan konservasi pelestariannya, ” kata Haryono.

Semuanya tipe satwa itu, lanjut Haryono, bukan adalah satwa endemik Sumatera tetapi satwa dilindungi itu datang dari Indonesia sisi timur.

” Keadaan satwa saat ini tambah lebih baik dibandingkan kala ditangkap kali pertama, ” tukasnya.

Buat 5 yg bertindak membawa serta satu penghubung ke Malaysia lanjut Haryono, sekarang tengah dikerjakan kontrol maraton oleh team penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dari Gakkum KLHK di Riau.

ari lima pemeran didapati ada 4 orang asal Lampung. Mereka inisial, SW (36) , TR (20) , AN (24) serta Y (29) . Satu pemeran kembali asal Kabupaten Bengkalis Riau inisial FE dikira jadi penghubung ke negeri jiran itu. Status mereka tetap terperiksa.

Perkara penyelundupan ini awalannya dihentikan pihak BC serta TNI AL di Dumai, pada Kamis (21/3) . Satwa dilindungi itu diangkut dengan mobil serta ditangkap di pelabuhan Roro, Bandar Sri Junjungan buat diselundupkan ke Malaysia.

About admin