Home / Internasional / Tolak Kebijakan Trumb Soal Yerusaalem

Tolak Kebijakan Trumb Soal Yerusaalem

Tolak Kebijakan Trumb Soal Yerusaalem – Terdaftar 20 dari 22 anggota Liga Arab adalah penerima pertolongan keuangan atau pertolongan militer Amerika Perkumpulan, tetapi mereka tetaplah mensupport resolusi PBB yang menuntut AS menarik ketentuan berkaitan Yerusalem.
Negara-negara Arab itu, termasuk juga Arab Saudi – sekutu dekat AS, ambil langkah berani, walau sebenarnya terlebih dulu Trump telah meneror untuk hentikan pertolongan pada negara-negara yang menampik kebijakannya itu.

Hasil pengambilan suara Majelis Umum PBB menyusul ketentuan Trump yang menyebutkan Yerusalem jadi ibu kota Israel, nyatanya sesuai sama yang diinginkan oleh beberapa pendukung perjuangan Palestina.

Untuk Palestina, Yerusalem Timur yaitu ibu kota negara mereka satu waktu kelak.

” Hari ini Palestina serta dunia Arab dihinggapi rasa begitu senang serta rasa kemenangan politik pada Amerika Perkumpulan serta Israel menyusul kemenangan nada cukup telak dalam voting tempo hari (Kamis, 21/12) di lembaga Majelis Umum PBB, ” tutur Mustafa Abdul Rahman, seseorang wartawan di Kairo.

Pojokkan AS serta Israel
Diantara 128 negara yang mensupport resolusi, ada negara-negara Arab, termasuk juga anggota Liga Arab, walau sebenarnya sampai kini mereka memperoleh pertolongan keuangan dari Amerika Perkumpulan.

Seseorang petugas perbatasan Israel mengarahkan senapan ke arah petugas medis Palestina sesudah seseorang pemrotes di tangkap di Ramallah, Pinggir Barat. (Reuters)

Kemenangan politik di tingkat PBB ini, lanjut Mustafa Abdul Rahman, bisa diliat dari judul-judul berita koran terbitan Jumat (22/12).

” Harian 1/2 resmi Mesir, Al Ahram, turunkan berita dengan judul ‘Dunia memihak pada hati nuraninya berkaitan kota Yerusalem’. Judul berita paling utama di harian berbahasa Arab Al Hayat yaitu ‘Kota Yerusalem sesudah hasil sidang Majelis Umum PBB makin memperdalam pengucilan Amerika Serikat’ “.

‘Punya hak bertemura’
Bila media di negara-negara Arab biasanya menyudutkan Amerika Perkumpulan serta Israel, komentar beberapa petinggi serta pengamat didunia Arab setuju kalau dunia lebih memihak pada hati nurani dari pada ancaman Amerika Perkumpulan.

Hal seirama juga disebutkan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk PBB, Abdallah Al-Mouallimi.

Ia menyebutkan dunia kirim pesan tegas kalau Amerika Perkumpulan salah besar saat buat pernyataan Yerusalem jadi ibu kota Israel.

” Dengan semua hormat, saya fikir Presiden Trump salah dalam keluarkan pernyataan sesuai sama itu. Serta saya fikir, bahkan juga negara-negara yang memperoleh pertolongan dari Amerika Perkumpulan meskipun memiliki hak untuk buat ketentuan sendiri berdasar pada hak berdaulat, ” kata Abdallah Al-Mouallimi pada BBC.

Arab Saudi adalah satu diantara 128 negara yang menyepakati resolusi PBB untuk menampik langkah AS mengaku Yerusalem jadi ibu kota Israel. Semuanya anggota Liga Arab, 20 dari 22 anggota penerima pertolongan AS, juga menyepakati resolusi.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah menyebutkan rakyat Palestina tak akan juga akan terima gagasan perdamaian yang di tawarkan oleh AS menyusul ketentuan mengaku Yerusalem jadi ibu kota Israel.

Saat bicara di Paris, Jumat (22/12) sesudah berunding dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Abbas menyebutkan AS menunjukkan diri jadi penghubung yang tidak jujur serta mengucilkan diri dari sistem perdamian.

Terlebih dulu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu keluarkan pernyataan, ” Israel berterima kasih pada Presiden Trump karna sikapnya yang tegas dalam mensupport Yerusalem serta terima kasih pada negara-negara yang memberi nada pada Israel, pada kebenaran. “

Terkecuali negara-negara Arab, Indonesia juga mensupport resolusi PBB untuk menentang pernyataan Yerusalem jadi ibu kota Israel, meskipun Amerika meneror juga akan mencabut pertolongan keuangan.

Empat anggota tetaplah Dewan Keamanan PBB, Cina, Prancis, Rusia serta Inggris juga menyepakati resolusi.

About admin