Home / Berita Umum / Penolakan Arab Saudi Terhadap Penjelasan Pembunuhan Wartawan Membuat Turki Kecewa

Penolakan Arab Saudi Terhadap Penjelasan Pembunuhan Wartawan Membuat Turki Kecewa

Penolakan Arab Saudi Terhadap Penjelasan Pembunuhan Wartawan Membuat Turki Kecewa – Penolakan Arab Saudi untuk mengekstradisi beberapa pembunuh wartawan Jamal Khashoggi sudah memilukan Turki. Otoritas Turki mengucapkan penyidikan internasional untuk perkara ini.

Direktur Komunikasi Kepresidenan Turki, Fahrettin Altun, dalam pengakuan pada Reuters, Selasa (11/12/2018) , menyebutkan penolakan Saudi untuk mengekstradisi beberapa terdakwa perkara Khashoggi menjadi soal yg ‘sangat mengecewakan’.

Di jelaskan Altun jika otoritas Saudi kurang kooperatif serta Turki baru menyaksikan ‘sedikit bukti yg tunjukkan jaksa Saudi memang punya niat untuk menyingkap apakah yg berlangsung pada Khashoggi’. Ia juga mengucapkan digelarnya penyidikan internasional untuk perkara sebagai perhatian global ini.

” Dunia selayaknya mencari keadilan untuk perkara ini dibawah hukum internasional, ” ucap Altun dalam pengakuannya. ” Itu bisa jadi keperluan terpilih dari komune internasional dalam mencari keadilan untuk mendiang jurnalis Saudi dibawah hukum internasional, ” tuturnya.

Ditambahkan Altun, penolakan Saudi untuk mengekstradisi beberapa terdakwa pembunuhan Khashoggi cuma membetulkan beberapa pihak ‘yang yakini Arab Saudi mengupayakan menutupi pembunuhan’ itu.

Altun menyampaikan, agen-agen intelijen Saudi, termasuk juga seseorang ahli autopsi, menyengaja terbang ke Istanbul untuk maksud privat membunuh Khashogi. Konsul Jenderal Saudi di Istanbul, ucap Altun, pun jadi ‘kaki tangan’ dalam pembunuhan itu.

Sampai kini Saudi sudah mendakwa 11 orang berkenaan perkara Khashoggi. Tapi ciri-ciri beberapa terdakwa tak disibak ke publik.

Dalam pengakuan pada Minggu (9/12) lantas, otoritas Saudi lewat Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir mengatakan jika Saudi sudah tidak menghiraukan pilihan ekstradisi beberapa terdakwa perkara Khashoggi ke Turki. ” Kami tak mengekstradisi penduduk negara kami, ” tegas Al-Jubeir.

Al-Jubeir malahan mengkritik trik Turki share info dengan Saudi berkenaan penyidikan perkara Khashoggi. ” Otoritas Turki tak seutuhnya jujur seperti yg kami mengharapkan. Kami sudah minta pada kawan-kawan kami di Turki untuk share dengan kami bukti-bukti yg dapat kami pakai di pengadilan. Kami belum pula terima bukti-bukti itu, ” cetus Al-Jubeir.

About admin