Home / Internasional / Patahan Gunung Es di Antartika Terus Meluas

Patahan Gunung Es di Antartika Terus Meluas

Patahan Gunung Es di Antartika Terus Meluas – Tubuh Antariksa AS, NASA meluncurkan suatu poto mengagetkan yg memberikan gunung es bersifat persegi panjang yg mengambang di Laut Weddell di terlepas pantai di Antartika atau Kutub Selatan.

NASA menjelaskan, sudutnya yg demikian tajam serta permukaannya yg demikian datar memberikan kalau bongkahan itu baru-baru ini pecah dari suatu tebing es.

Ujung-ujungnya tetap runcing, serta belum juga tergerus oleh hempasan gelombang lautan.

Photo itu diambil pada minggu terus oleh banyak ilmuwan di pesawat analisa NASA.

Tetapi objek-objek sejenis itu nyata-nyatanya gak pun terlampau langka maupun asing. Benda sama dengan itu udah ada namanya, dimaksud gunung es tabular, tabular icebergs.

Bongkahan-bongkahan es itu datar serta panjang, terbuat sehabis memisahkan diri dari gugusan es.

Kelly Brunt, pakar glasiologi NASA juga sekaligus pengamat Kampus Maryland, Amerika Serikat mengemukakan proses pembentukannya hampir menyerupai dengan kuku yg tumbuh terlampau panjang terus retak pada bagian ujungnya.

Dia mengemukakan bongkahan-bongkahan es itu kerap bersifat geometris.

” Soal yg bikin hasil ini gak biasa lantaran mempunyai bentuk yg persis sisi empat atau seperti persegi panjang, ” imbuhnya.

Bongkahan es ini datang dari lempengan es Larsen C yg rubuh di Semenanjung Antartika.

Namun dari poto itu sukar buat paham berapakah ukuran es itu, meski banyak pakar mengasumsikan panjangnya mungkin lebih dari 1, 6 km..

Serta, seperti gunung es, sisi yg kelihatan di permukaan kebanyakan cuma terdiri dalam sejumlah kecil dari besarnya benda itu – dalam masalah ini mungkin cuma lebih kurang 10% saja dari ukuran sesungguhnya -sisanya, 90%, terendam dibawah air.

About admin