Home / Berita Umum / Mendagri Meminta Setiap Kota Memiliki Damkar

Mendagri Meminta Setiap Kota Memiliki Damkar

Mendagri Meminta Setiap Kota Memiliki Damkar – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mewajibkan semuanya daerah tingkat II yaitu kabupaten/kota miliki mobil pemadam kebakaran.

” Jangan pernah ada kabupaten/kota tidak miliki mobil pemadam kebakaran, ” kata Tjahjo di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

” Bagaimana aturan pusatnya setiap th. mesti ditingkatkan. Sasaran kita semua daerah tingkat II telah miliki mobil pemadam kebakaran, ” lebih dia.

Bahkan juga kata Tjahjo, daerah yang padat penduduknya, minimum satu kecamatan miliki satu mobil pemadam kebakaran komplit.

” Daerah yang padat masyarakat minimum satu kecamatan miliki mobil pemadam kebakaran komplit, ” tutur dia.

Tjahjo mengungkap, kalau ada negara yang dengan cara teratur ganti mobil pemadam kebakarannya per dua th. sekali. Mobil sisa di negara-negara itu dapat digunakan oleh Indonesia.

” Jepang lewat Jica, Qatar, Australia. Itu dapat digunakan, dua th. disana kan bila disini cukup bagus. Disini ada mobil Damkar yang nyaris 20 th. masih tetap digunakan, ” kata dia.

Tidak cuma itu, ia juga menginginkan supaya petugas Damkar dilatih dengan cara profesional, supaya dapat dimaksimalkan untuk penanggulangan kebencanaan terkecuali kebakaran.

” Pemadam kebakaran dilatih, dididik agar lebih profesional. Jadi bukan sekedar dapat digunakan cocok kebakaran saja. Namun juga dapat digunakan untuk BNPB saat ada bencana kebakaran rimba dan sebagainya, ” ungkap Tjahjo.

About admin