Home / Internasional / Mars Dulu Juga Pernah Jadi Planet Yang Subur

Mars Dulu Juga Pernah Jadi Planet Yang Subur

Mars Dulu Juga Pernah Jadi Planet Yang Subur – Mars diketahui tandus serta kering. Akan tetapi siapa duga, dahulunya planet ini kaya air.

Penemuan terakhir perlihatkan ada jejak siklus air pada musim panas planet Mars oleh Geophysical Research Letters, seperti diambil dari Forbes, Sabtu (18/5/2019).

Miliaran tahun yang lampau, Mars dikaruniai air yg melimpah. Sungai serta laut ada dimana saja. Akan tetapi, 80 % air di Mars terkuras habis dikarenakan radiasi cahaya ultraviolet dari matahari yg membelah molekul air di atmosfer jadi radikal hidrogen serta hidroksil, sesaat hidrogennya menguap.

Akan tetapi, misteri paling besar dari penemuan ini merupakan dari lokasi mana datangnya air itu. Seperti tropopaus bumi, Mars pula punyai susunan atmosfer tengah yg mestinya meredam naiknya gas, mengakibatkannya berubah jadi es serta jatuh kembali pada permukaan planet.

Kenapa Mars dapat kehilangan air akan tetapi bumi tetap mengontrolnya? Berikut yg sedang dipikirkan oleh banyak ilmuwan.

Musim Panas di Selatan Mars

Tiap-tiap dua tahun bumi, berlangsung musim panas dibagian selatan Mars. Uap air naik dari atmosfer bawah ke atas. Lalu, angin membawanya sejumlah ke kutub utara, sesaat bekasnya menguap ke angkasa.

Simulasi pc yg dicetak ilmuwan dari Institut Fisika serta Technologi Moskow serta Institut Max Planck buat Riset Mode Tata Surya (MPS) di Jerman telah menemukannya sistem yg awal mulanya tidak didapati yg memukul lubang di susunan pelindung di Mars.

Tidak cuman musim panas, problem yang lain merupakan ada badai debu yg menerpa Mars tiap-tiap setahun lebih. Partikel debu menyerap cahaya matahari serta dapat menghangat, bahkan juga tingkatkan suhu di atmosfer sampai 30 derajat.

“Simulasi yg kami kerjakan perlihatkan dengan tepat bagaimana debu di atmosfer Mars memengaruhi proses mikrofisika yg merubah es jadi uap air,” papar Dmitry Shaposhnikov, penulis studi ini.

Berikut Rasa-rasanya Menyaksikan Matahari Keluar di Planet Mars

Wahana InSight punya NASA, barusan menangkap panorama Matahari keluar serta tenggelam di Planet Mars.

InSight bahkan juga mengupload poto seperti apa keadaan pagi hari di Planet Merah.

Diberitakan Geek pada Sabtu (4/5/2019), InSight ambil photo itu pada 24 serta 25 April.

Poto diambil pada waktu 5.30 pagi serta 6.30 malam waktu lokal Mars. Poto ini diangkat dalam account @NASAInSight dalam himpunan GIF.

Buat didapati, foto-foto bidikan InSight ini datang dalam dua vs: vs warna mentah alias rawdan vs yg warnanya telah dikoreksi.

Dalam vs raw, sejumlah detil malahan kelihatan lebih tajam. Akan tetapi, vs warna yg telah dikoreksi memamerkan apa yg mestinya disaksikan dari mata manusia bila beranjak Mars. Tersebut beberapa fotonya.

Ini bukan sekali-kalinya InSight menangkap Mars dari camera. Pada Maret lalu, InSight pernah juga memphoto panorama Matahari keluar serta tenggelam.

“Telah jadi kebiasaan untuk InSight buat memphoto poto Matahari keluar serta tenggelam. Kami ingin ambil sebanyak lantaran ini adalah panorama langka,” kata Justin Maki, pengamat di Jet Propulsion Laboratory NASA.

About admin