Home / Berita Umum / Instruksi Soal Penggunaan Jilbab PNS Langsung Dicabut Mendagri Padahal Baru Dikeluarkan

Instruksi Soal Penggunaan Jilbab PNS Langsung Dicabut Mendagri Padahal Baru Dikeluarkan

Instruksi Soal Penggunaan Jilbab PNS Langsung Dicabut Mendagri Padahal Baru Dikeluarkan – Mendagri Tjahjo Kumolo baru-baru ini diberi tanda tangan Perintah Menteri Dalam Negeri pada 4 Desember 2018 waktu lalu. Inmendagri nomer 025/10770/SJ Tahun 2018 itu mengontrol terkait Tertata Pemanfaatan Kemeja Dinas serta Kerapihan Pegawai Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri serta Tubuh Nasional Pengelola Perbatasan.

Dalam Inmendagri itu, Tjahjo menghimbau pegawainya yg memakai jilbab buat dimasukkan ke kerah busana. Buat warna jilbab mesti sesuai warna kemeja dinas cokelat dan tak bermotif atau polos.

Gak cuma itu, buat wanita gak berhijab biar rambut dirapikan dengan rapi serta tak dicat warna-warni.

Dan buat ASN laki laki rambut mesti rapi tak bisa gondrong serta tak dicat warna-warni. Terus mengontrol kerapian kumis, jambang serta jenggot. Disamping itu buat pemanfaatan celana, panjang s/d mata kaki.

Perintah itu diluncurkan dengan memperhatikan keputusan Clausal 12 Permendagri Nomer 6 tahun 2016 terkait Kemeja Dinas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Dalam Negeri serta Pemerintah Daerah.

Tetapi selang seminggu lantas, Kemendagri mencabut Inmendagri itu. Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menyebutkan, pencabutan peraturan itu bentuk sikap Mendagri Tjahjo Kumolo dalam dengar tanggapan banyak pihak.

Ditambah lagi Inmendagri itu dapatkan banyak tanggapan tidak sama oleh sejumlah pihak.

” Hingga dalam hari ini Inmendagri dikatakan dicabut, tak laku kembali. Ini yg butuh kami berikan, biar tak muncul pandangan pemikiran yg tidak sama, ” kata Hadi di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (14/12) .

Ia memaparkan, sebelumnya Inmendagri itu cuma punya sifat internal. Bukan buat penataan ke daerah propinsi, kabupaten serta kota. Inmendagri itu, kata Hadi, cuma punya sifat imbauan serta bukan larangan buat banyak ASN.

Arti dari imbauan itu ialah buat kerapian serta keseragaman mengenakan pakaian di lingkungan Kemendagri serta BNPP.

” Terutama ketika ikuti upacara serta dalam berikan layanan terhadap warga. Frase kata biar dalam Inmendagri punyai makna imbauan, bukan adalah satu larangan, ” ujar ia.

About admin