Home / Berita Umum / Cellebrite UFED Touch Dipamerkan Dalam Perayaan HUT Ke 73 Bhayangkara

Cellebrite UFED Touch Dipamerkan Dalam Perayaan HUT Ke 73 Bhayangkara

Cellebrite UFED Touch Dipamerkan Dalam Perayaan HUT Ke 73 Bhayangkara – Polri miliki Cellebrite UFED Touch, alat yg dapat mengisap data dari telpon seluler, meskipun data itu telah terhapus awal mulanya. Seampuh apa kapabilitas alat ini membeberkan data dalam telpon seluler?

Alat ini udah dipamerkan dalam perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di lapangan Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (11/7) tempo hari. Piranti modern ini adalah salah satunya koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.

Alat yg ditambahkan monitor sentuh ini ini yaitu produk dari perusahaan Cellebrite. UFED adalah kepanjangan dari Universal Forensic Extraction Piranti atau Alat Ekstraksi Forensik Universal. Cellebrite UFED Touch telah dilaunching mulai sejak 2012.

Diberitakan Business Wire, Jumat (12/7/2019), alat ini miliki kapabilitas tinggi jadi perangkat pengusutan pembaca sandi. Pangsa pasarnya memang beberapa penegak hukum, militer, intelijen, perusahaan keamanan, serta industri penjelajah kabar.

Alat ini dirancang buat dapat kerja cepat serta mudah dijinjing. Tidak cuma telpon seluler pandai saja yg dapat direngkah oleh Cellebrite UFED Touch, tetapi pun GPS portabel serta gawai tablet.

Ada 7.900 tipe piranti yg dapat direngkah oleh Cellebrite UFED Touch, terhitung piranti bersistem BlackBerry, Apple iOS, serta Android. Merk telpon seluler yg dapat dibobol misalnya Samsung, Motorola, Microsoft, Palm, Nokia, Apple, Garmin, sampai Apple. Meskipun alat ini diperuntukan buat kegiatan penegakan hukum profesional, tetapi beberapa orang dari kelompok non-teknis juga dapat dengan simpel beroleh data dari perangkat-perangkat yg tengah diselidiki.

Data yg dapat dihisap yaitu data panggilan telephone, daftar nomer telephone, pesan teks (SMS), gambar, video, data audio, bahkan juga data yg telah dihapus.

“UFED Touch ini sepuluh kali tambah cepat dibandingkan dengan tehnologi pendahulunya, ini lebih intuitif buat dipakai serta sediakan ekstraksi data yg lebih dalam bahkan juga dari piranti yg dilindungi password serta enkripsi. Ini yaitu alat yg paling ampuh yg sudah pernah dikenalkan di dunia forensik telpon seluler,” tutur Co-CEO Cellebrite, Ron Serber.

UFED Touch ada dalam dua versus, ialah UFED Touch Logical buat ekstraksi data serta kata sandi (password) dengan cara pemikiran serta UFED Touch Ultimate. Tipe ke-2 dapat dipakai buat ekstraksi data serta password dengan cara dalam, baik dengan cara fisik ataupun masuk akal. Piranti itu ada berbentuk standard serta bentuk ditambahkan pelindung (rugged) buat kerja-kerja lapangan.

Diberitakan dari situs Cellebrite, Jumat (12/7/2019), saat ini telah ada versus paling baru ialah Cellebrite UFED Touch2, dilaunching di Israel mulai sejak 19 Juli 2016. Generasi paling baru itu bisa kerja tambah cepat 3x lipat dibandingkan dengan pendahulunya.

“UFED Touch 2 memberikannya perform, kehebatan, serta faedah yg diperlukan dalam merampungkan misi di laboratorium atau lapangan, menyederahanakan proses pembelian dengan kurangi piranti terpisah yg dibutuhkan,” kata Global Co-CEO, Yossi Carmil.

Kelebihan UFED Touch 2 ketimbang pendahulunya misalnya ditambahkan CPU 5 kali tambah cepat dari UFED Touch, kenangan DDR3, hard drive yg besar serta cepat (SSD 128GB), serta USB 3.1 phase 1 axilliaries (sampai 5Mbps). Piranti ini pula ditambahkan monitor kapasitif multi-touch resolusi tinggi (1024), SIM Reader, mini display port, serta Windows 10 yg telah dikustomisasi.

About penulis77