Home / Berita Umum / Bali Sudah Aman Dari Status Tanggap Darurat

Bali Sudah Aman Dari Status Tanggap Darurat

Bali Sudah Aman Dari Status Tanggap Darurat – Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan Kementerian Sosial (Kemensos) juga akan turun tangan menolong keperluan logistik pengungsi Gunung Agung. Pernyataan itu di sampaikan Luhut pascapencabutan status tanggap darurat Gunung Agung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

” Tetaplah kita cermati 70 ribu rakyat ini, berasnya tetaplah didapat, ” kata Luhut di Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (22/12/2017).

Luhut menerangkan pencabutan status tanggap darurat buat Pemerintah Daerah Bali tidak dapat keluarkan aturan untuk bencana. Oleh karenanya Luhut menyebutkan Kemensos yang juga akan keluarkan aturan logistik untuk beberapa pengungsi.

” Tanggap darurat bila tak ada jadi beras, tidak dapat di turunkan pemda. Jadi kita ingin cobalah, dapat tidak Kemensos yang keluarkan (logistik) itu, ” tutur Luhut.

Pencabutan status tanggap darurat ini diinginkan dibarengi dengan pencabutan travel warning, travel advice atau travel ban dari beberapa negara pada Bali hingga perekonomian disana bisa sembuh. Luhut menjelaskan sebagian besar orang-orang Bali mencari nafkah dari industri pariwisata.

” Dengan dicabut tanggap darurat jadi travel warning dicabut. Hingga tanggap darurat di ambil, karna efeknya travel advisor itu juga dicabut, ” ucap Luhut.

Presiden Jokowi mencabut status tanggap darurat Gunung Agung dalam rapat terbatas Kabinet Kerja di Sanur, Denpasar, Bali. Menurut dia, status itu karna dinilai telah tidak relevan dengan keadaan serta kondisi beberapa besar lokasi Bali yang dinilai kembali aman serta normal.

” Karna (status tanggap darurat) telah tidak dibutuhkan, tapi yang paling perlu pengungsi tetaplah dikerjakan dengan baik, ” kata Jokowi terpisah.

About admin