Home / Berita Umum / 4 Orang di KM Dharma 3 GT yang Tenggelam di Perairan Bima Berhasil Diselamatkan

4 Orang di KM Dharma 3 GT yang Tenggelam di Perairan Bima Berhasil Diselamatkan

4 Orang di KM Dharma 3 GT yang Tenggelam di Perairan Bima Berhasil Diselamatkan – Kapal motor (KM) Dharma 3 GT terbenam seusai ditabrak ombak kala tengah berlayar di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Bima, NTB. Mujur 4 orang yang ada di kapal itu sukses diselamatkan Team SAR yang dengan kebetulan ada di seputar area kapal terbenam.

KM Dharma 3 GT itu berlayar dengan cuma bawa 4 orang termasuk juga nakhoda dari Sumbawa ketujuan Kalabahi, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (4/5) seputar waktu 19.00 Wita. Team SAR yang kala itu tengah kerjakan penelusuran pada 2 korban hilang dari kapal pengangkut bawang, KLM Pusaka Raya 07, langsung memandang korban dari KM Dharma 3 GT. Ke empat korban dari KM Dharma 3 GT juga sukses diselamatkan pada Minggu (5/5/2019) seputar waktu 08.30 Wita.

“Diketemukan barusan pagi kala pos SAR Bima berbarengan faktor berkenaan kerjakan penelusuran pada 2 ABK Kapal KLM Pusaka Raya 07 yang belum juga diketemukan. Korpos Bima memperoleh laporan dari pak Sulaiman, korpos pengawas laut berkenaan insiden itu,” kata Humas SAR Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda pada wartawan, Minggu (5/5).

Buat didapati, KLM Pusaka Raya 07 terbenam di perairan Bima pada Jumat (3/5) lalu serta 2 orang ABK-nya belum diketemukan sampai sekarang. Disamping itu area tempat KLM Pusaka Raya 07 terbenam tdk jauh dengan area tempat KM Dharma 3 GT terbenam.

“Area tenggelamnya kapal KM Dharma 3 tdk jauh dari area tenggelamnya kapal KLM Pusaka Raya 07,” ujarnya.

KM Dharma 3 GT dikira terbenam karena gelombang besar serta angin kencang di perairan Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Bangkai kapal tdk diketemukan di area tempat ABK kapal diketemukan.

“Bangkai kapal tdk diketemukan. Peluang terbenam,” kata Kepala SAR Mataram, I Nyoman Sidakarya.

Saat ini ke empat korban dari KM Dharma 3 GT udah dievakuasi dengan selamat serta tengah mendapat perawatan medis. Disamping itu 2 korban hilang dari KLM Pusaka Raya 07 belum diketemukan team SAR.

ABK KM Dharma 3 GT yang sudah diketemukan selamat serta sukses dievakuasi, adalah:

1. Salahudin (47), kapten kapal asal Sumbawa.
2. Nur Berbudi Yono (32), ABK asal Surabaya.
3. Hamjah (27), ABK asal Alas, Sumbawa.
4. Hasanudin (43), ABK asal Alas, Sumbawa.

About admin